Halal bi Halal dan Silaturrahmi, Dari Jombang untuk Nusantara

“New Normal: Menjalin Silaturrahmi dan Merawat Kebersamaan, Dari Jombang untuk Nusantara”, merupakan tema kegiatan Halal bi Halal dan Silaturrahmi Nasional Keluarga Besar PMII Jombang, Kamis, (04/06/2020). Kegiatan yang di adakan oleh Pengurus Cabang PMII Jombang ini berlangsung daring melalui aplikasi Zoom. Selain itu, juga disiarkan melalui akun resmi Youtube PMII Jombang.

Diawali dengan pembukaan serta pembacaan ayat suci Al Quran dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Ketua Umum PMII Jombang, sahabat Irkham Tamrin, menyampaikan harapannya tentang distribusi alumni PMII Jombang.

Selanjutnya Ketua Umum PB PMII, sahabat Agus Mulyono Herlambang, memapakarkan kondisi PMII yang terdampak Covid 19. Banyak kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan dengan kondisi new normal. Hal ini tidak cocok bagi para aktivis. “Namun hari ini kita mencoba tetap fight dengan melaksanakan halal bi halal virtual,” papar kader Jombang ini.

Dr. Amir Maliki menyampaikan sambutan yang ketiga. Beliau mengatakan, “Saya bersyukur kiprah dan peran alumni Jombang diakui di kanca nasional maupun regional.” Kemudian Ketua IKA PMII Jombang ini mengharuskan seluruh kampus yang ada di Jombang ini di-back up oleh PMII Jombang.

Bupati Bondowoso dua periode (2008 – 2018), Amin Said Husni, selaku keynote speaker, menyampaikan bahwa PMII hari ini harus melakukan penyesuaian dengan keadaan pandemi melalui teknologi yang ada, kegiatan pelatihan soft skill dan kajian bisa dilakukan melalui daring. “Ini penting kita lakukan kajian melalui daring,” ungkap anggota komisi X DPR-RI periode 2004-2009.

Kegiatan pengembangan yang bisa dilakukan dengan media daring di antaranya jurnalistik, riset, dan juga kajian-kajian. Selain itu, Corona ini mengakibatkan kader PMII lebih mudah bertemu dengan senior-senior PMII melalu media daring. Ini merupakan hikmah Corona.

Hadir pula dalam acara ini KH. Junaidi Hidayat (Pengasuh Pesantren Al Aqobah), Drs. Hamid Bisri (Majelis Pembina Cabang PMII Jombang), Idham Chalid (Ketua Umum Jaya Nusa), M. Subaidi Muchtar (Ketua FPKB Jombang), Dr. Suhudi M.Pd (Dekan FKIP Undar Jombang), Moh. Haerul Amri (Waketum PP GP Anshor), Kyai Ahmad Samsul Rizal (Ketua DPD Nasdem Jombang), dan masih banyak lagi.

Share your thoughts