Perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat disertai dengan kemajuan teknologi digital, memberikan angin segar untuk peradaban umat manusia. Dimana belakangan ini semua serba instan. Contoh sederhananya adalah, jika dulu kita ingin mengirim pesan untuk seseorang yang berada di luar kota. Kita harus menunggu sampai beberapa hari baru pesan itu bisa terkirim. Tapi saat ini, kita hanya butuh beberapa detik saja pesan sudah bisa dibaca oleh si penerima. Ini hanyalah contoh sederhana dari kemajuan teknologi yang merubah peradaban umat manusia.
Ilmu pengetahuan merupakan bekal bagi umat manusia untuk mereprentasikan kehidupannya di dunia dan sekaligus sebagai perahu untuk berlayar menuju kehidupan yang abadi, yaitu akhirat. Sebagaimana disebutkan dalam salah satu hadist nabi yang artinya: “Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat hendaklah ia menguasai ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat) hendaklah ia menguasai ilmu,” (HR Ahmad).
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi digital memiliki peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Terutama di dunia pendidikan, dimana para guru betul-betul dimanjakan dengan kemajuan teknologi sehingga memudahkan mereka dalam menyajikan setiap materi yang bisa diterima dengan sangat baik oleh para siswa/peserta didik.
Di era digital saat ini, proses pembelajaran tidak lagi terbatas pada interaksi tatap muka antara guru dan siswa di dalam kelas (Rusman, 2012, hlm. 1). Teknologi digital membuka kemungkinan terselenggaranya pembelajaran jarak jauh, pembelajaran daring (online), hingga pemanfaatan beragam aplikasi dan platform digital yang dapat memperkaya pengalaman belajar siswa (Budiman, 2017, hlm. 5).
Selaras dengan pernyataan Wijaya (2018) “Guru dituntut mampu memanfaatkan teknologi digital untuk kepentingan pembelajaran, mulai dari memproduksi konten pembelajaran digital, mengelola pembelajaran daring, hingga memanfaatkan data digital untuk meningkatkan kualitas pembelajaran”
Sebagai kata penutup, Guru atau Tenaga Pendidik harus mampu bertansformasi untuk meningkatkan kompetensinya di bidang teknologi digital dan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menciptakan suasana pembelajaran kreatif dan inovatif.